Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 Maret 2011

JBMI Sumut Temukan Sejumlah Masjid di Daerah Minoritas Memprihatinkan

Kamis 09 Sept 2010 08:32:42 WIB

MEDAN | DNA - Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) menemukan banyak masjid di daerah penduduk muslim minoritas seperti di Dairi, Phakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara (Taput), Tobasa, Samosir dan Simalungun berada dalam kondisi memprihatinkan.

Hal itu dikemukakan Ketua Tim Safari Ramadhan JBMI Sumut Aidan Nazwir Panggabean kepada wartawan disela-sela acara Berbuka Puasa Bersama dan Penyenantunan Kaum Dhuafa sekaligus pembubaran Tim Safari Ramadhan di Sekretariat DPW JBMI Sumut Jalan Sisingamangaraja Km 6,2 Medan.

Salah satunya, seperti masjid di daerah Tuktuk Simanindo Samosir, di mana lokasinya jauh, kemudian keberadaanya terkungkung rumah penduduk yang sebahagian besar beternak babi.

"Kalau kita mau salat di masjid itu jalan masuknya terpaksa harus melintasi halaman rumah penduduk. Tidak ada akses jalan setapak khusus menuju masjid tersebut. Pada hal awal berdirinya masjid  yang didirikan Pemkab tersebut berada di areal tanah kosong," tukas Aidan sembari mengutarakan banyak lagi kendala-kendala yang dihadapi  kaum muslim di daerah yang minoritas penduduknya.

Padahal, kalau saja di daerah tersebut terdapat masjid yang permanen dan representatip sudah pasti akan meningkatkan daya tarik pengunjung khususnya turis lokal muslim untuk berkunjung ke Tuktuk Pulau Samosir.

Melihat kondisi ini, JBMI Sumut mendesak pemerintah setempat memberikan tenggang rasa dan kemudahan bagi kaum muslimin untuk melaksanakan ibadahnya. Dalam kunjungannya, Tim Safari Ramadhan JBMI juga sangat banyak menampung aspirasi  dari kaum minoritas muslim tentak kendala yang dihadapi di daerah tersebut, khususnya kurangnya perhatian lembaga-lembaga Islam dan pemerintah setempat.

Guna meringankan beban kaum muslimin di daerah tersebut JBMI juga menyalurkan zakat dari Lembaga Rumah Zakat JBMI Sumut. Lebih lanjut Aidan mengutarakan selain menggelar Safari Ramadhan di daerah muslim minoritas JBMI juga menggelar hal serupa di Kabupaten Asahan, Tanjung Balai.

Kegiatan berbuka puasa bersama dan santunan kaum dhuafa ini dihadiri sejumlah pengurus JBMI Sumut antara lain Wakil Ketua Drs H Wirman Tobing, Syamsul Manaf Sipahutar, Drs HM Samin Pane, Wakil Sekretaris Bustami Manurung, Dr Ir H Askip Pasaribu dan pengurus lainnya. (DNA/R-01).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar